Prof. Suwito Beri Pengarahan Akreditasi pada Workshop Prodi PAI

Menjadi institusi unggul  merupakan visi Prodi PAI UIN Mataram. Salah satu indikator keunggulan adalah memperoleh peringkat akreditasi A oleh BAN-PT. Untuk kepentingan ini, maka Prodi PAI sengaja mengundang Prof. Suwito, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sekaligus sebagai asesor BAN-PT dalam workshop “Penguatan Institusi Berbasis Prodi Menuju Akreditasi A”. Kegiatan ini dilaksanakan 29 Desember 2017 di Aula Prodi PAI.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi, Dr. Saparudin, M.Ag mengatakan kegiatan workshop ini dilaksanakan untuk memperkuat kesiapan Tim Reakreditasi Prodi PAI pada tahun 2019 dalam penyusunan dan pengisian Borang. Hal ini menurutnya sangat penting, karena Prodi PAI sebagai Prodi tertua diharapkan memperoleh peringkat akreditasi A dari BAN-PT. Hal senada diungkapkan Prof. Masnun selaku Wakil Rektor I bidang akademik. Ia mengatakan bahwa Prodi PAI wajib memperoleh akreditasi A. Karena itulah menghadirkan Prof. Suwito yang notabenenya adalah asesor senior BAN-PT merupakan langkah yang baik yang dilakukan Ketua Prodi PAI. Melalui kegiatan ini diharapkan tuntutan dan kebutuhan untuk mencapai peringkat tersebut dapat dipahami secara utuh, tutur Masnun.

Dalam penyampaian materinya, Prof. Suwito menekankan pentingnya sistem penjaminan mutu internal. Ia mengatakan berdasarkan pengamatan, selama ini para pengelola program studi dan perguruan tinggi (institusi) lebih mementingkan akreditasi dari pada penguatan penjaminan mutu internal. Sesuai peraturan yang ada, akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama ini adalah Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), sedangkan untuk memperoleh akreditasi seharusnya terlebih dahulu lulus dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kenyatannya, begitu pengumuman akreditasi keluar, program studi dan institusi tidak lagi melakukan evaluasi mutu internal secara serius, terstruktur dan terencana. Seharusnya, proses SPMI dilakukan program studi dan institusi  minimal setiap tahun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *