Prodi PAI Berpartisipasi dalam Counter of Violence

Adanya kecenderungan kekerasan dan radikalisme bernuansa keagamaan baik verbal maupun praktik kehidupan sosial keagamaan menjadi kekhawatiran dalam kehidupan berbangsa dan keagaman. Berbagai narasi baik dalam buku teks keagamaan, media sosial, dan ceramah-ceramah keagamaan belakangan ditengarai mengandung nuansa kekerasan dan radikal. Kondisilah yang melatar belakangi Pimpinan PPIM (Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat) UIN Jakarta, NC (Nusa Tenggara Center) Mataram, dan Prodi PAI UIN Mataram secara bersama-sama melaksanakan Youth Camp for Peace Leaders di Lombok, dari tanggal 22 s/d 27 Januari 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 200 mahasiswa perwakilan dari PTKIN di seluruh Indonesia.

Direktur NC mengungkapkan bahwa kegiatan Youth Camp tersebut merupakan respon atas semakin maraknya konflik dan narasi-narasi kekerasan dan radikalisme baik internal umat beragama maupun antar umat beragama. Oleh karena itu kegiatan ini memiliki target adanya komunitas anak muda yang memiliki sense dan tanggung jawab menjadi juru damai dalam menyebarkan Islam rahmatan lil alamain dan Islam moderat di lingkungan masing-masing. Setelah mereka kembali ke kampus dan lingkungan masing-masing diharapkan peserta menjadi penggerak dan inisiator perdamaian.

Untuk mendukung pencapaian kegiatan tersebut, NC selaku penanggung jawab lapangan melibatkan tiga orang dosen Prodi PAI UIN Mataram sebagai Tim Penyusun Modul dan sekaligus sebagai mentor dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah Drs. Musta’in, M.Ag, Dr. Lukman Hakim, M.Pd dan Dr. Saparudin, M.Ag.   

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *