Sosialisasi Visi dan Misi, Prodi PAI Tingkatkan Sinergi

Beberapa minggu setelah ditetapkan, visi dan misi Prodi PAI disosialisasikan ke seluruh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Hal ini menurut Ketua Prodi PAI dilakukan agar civitas akademika memahami secara memadai arah pengembangan program studi. Adanya pemahaman yang memadai diharapkan sinergi seluruh civitas akademika semakin meningkat, karena menuju arah yang sama. Oleh karena berbagai forum, media dan kegiatan dimanfaatkan secara maksimal, baik seminar, workshop, rapat-rapat, maupun media lainnya dalam sosialisasi visi dan misi Prodi PAI.

Sesuai hasil Workshop Review visi, misi, tujuan dan rencana strategis beberapa waktu yang lalu, visi Prodi PAI adalah “menjadi program studi yang unggul pada tahun 2022 dalam penyelenggaraan pendidikan agama Islam berbasis sains teknologi dan peradaban secara integratif di Indonesia Timur”. Ketua Prodi PAI, Dr. Saparudin, M.Ag menjelaskan makna “unggul” pada rumusan visi ini menegaskan kekuatan tekad Program Studi PAI FTK UIN Mataram untuk menjadi lembaga penyelenggara pendidikan agama Islam terbaik dengan memperoleh predikat akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2019, serta memiliki keunggulan dalam mengintegrasikan nilai keislaman, sain teknologi dan peradaban.

 Sedangkan makna “pada tahun 2022” menunjukkan berakhirnya timeline support pengembangan kelembagaan, sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana oleh Piu-IsDB dalam project “four in one” alih status 4 IAIN menjadi UIN. Sehingga pada tahun 2022 Prodi PAI sudah memiliki tata kelola yang mapan, sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana yang memadai. Makna “integratif” dalam visi tersebut menunjukkan keterpaduan keilmuan dan penyelenggaraan pendidikan antara Islam, sains teknologi dan peradaban. Sedangkan makna “Indonesia Timur” menunjukkan pemetaan geografis yang menjadi kawasan utama sumber input dan pengguna lulusan Program Studi PAI.       

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *