Menuju Institusi Unggul Prodi PAI Adakan Workshop Review Visi, Misi dan Renstra

Setelah alih status kelembagaan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada tahun 2017, mendorong perubahan mendasar dalam arah pengembangan dan kebijakan program studi di lingkungan UIN Mataram, termasuk program studi  Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu aspek yang menjadi starting point adalah mereview visi dan misi program studi PAI tahun 2016, dan merumuskan kembali visi, misi, tujuan dan sasaran program studi PAI tahun 2018.

Disadari sebagai elemen dasar, maka Prodi PAI FTK UIN mataram mengadakan workshop “Perumusan Visi, Misi dan Sasaran Tahun 2018 – 2022”. Workshop yang berlangsung 14 April 2018 di Hotel Grand Madani Mataram dimaksudkan sebagai uji publik terhadap draft yang dirumuskan oleh Tim Perumus. Workshop dihadiri oleh berbagai pihak selaku pemangku kebijakan dan kepentingan baik internal maupun eksternal dan pakar. Pihak internal terdiri Dekan (Dr. Hj. Lubna, M.Pd), WD I (Dr. Abdul Quddus, MA), WD II (Dr. Syamsul Arifin, M.Ag), WD III (Akhmad Asyari, M.Pd), Kabag AUAK (Nurul Khaerani, M.Pd), Kasubag Akademik (Saeful Hamdi, MH), Kaprodi dan Sekprodi dilingkungan FTK, 26 orang dosen program studi PAI, 15 orang tenaga kependidikan program studi PAI, dan 4 orang perwakilan mahasiswa (HMJ) PAI. Sedangkan pihak eksternal yang hadir perwakilan kantor Kementerian Agama Wilayah NTB, Kemenag Kota Mataram, Kemenag Lombok Barat, orang perwakilan madrasah (MI/MTs/MA), 3 orang perwakilan guru PAI Sekolah/MGMP(SD/SMP/SMA/SMK), 2 orang perwakilan alumni, perwakilan pemerintah daerah,dan pakar pendidikan Islam(Prof. Arskal Salim, Ph.D,Direktur Diktis Kemenag, dan Dr. Abdul Rozak, M.Si,dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Wakil Rektor I bidang akademik UIN Mataram, Prof. Dr. Masnun, M.Ag pada sambutan pada kegiatan workshop tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah mempertegas dan memantapkan Prodi PAI menjadi Prodi unggul di Indonesia Timur pada tahun 2022, dan unggul di level nasional pada tahun 2035. Hal senada diungkapkan Dekan FTK UIN Mataram, bahwa Prodi PAI merupakan Prodi pertama dan merupakan emberio lahirnya UIN Mataram, sehingga sudah sepantasnya menjadi Prodi yang terbaik dan unggul.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *